TIPS TRAVELING DI INDONESIA ALA BACKPACKER

source: www.backpacker.com

Banyak orang Indonesia sekarang ingin mencoba backpacker keliling Indonesia tapi tidak berani dan akhirnya tetap membawa koper sebagai pilihan. Well, menggunakan koper isn't a bad choice but sometimes there will be a time that kalian harus menggunakan backpacker, seperti contohnya naik gunung. Sangat tidak memungkinkan sekali kan naik gunung membawa koper? Yang ada kalian sendiri yang lelah menggeret-geret koper itu. Tapi membawa backpacker itu bukanlah hal yang mudah, karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti memilih barang-barang yang penting saja untuk dibawa. Disini kita ingin memberikan sedikit tips untuk kalian yang ingin melakukan traveling dengan menggunakan backpacker.

1. RESEARCH
Basically, kalian harus riset dulu gimana sih keadaan di tempat tujuan kalian itu. Seperti contoh, apa lagi sering hujan atau kebalikannya disana. Riset ini dapat dilakukan melalui browsing melalui mbah google dan media lainnya. Sebenernya sih hal ini harus banget dilakukan supaya kalian ga ribet disana. Dan hasil dari riset ini akan membantu kalian memilih barang-barang apa saja yang harus dibawa. Nah riset disini juga dapat dimaksudkan dengan riset mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Tentunya tujuan kalian untuk melakukan backpacker adalah agar menghemat uang bukan? Oleh karena itu, kalian harus mencari tiket pesawat atau kereta atau bis yang paling murah dan dapat sampai tujuan dengan selamat. Kalian juga harus riset mengenai tempat tinggal disana nanti dan harga makanan di tempat tujuan.

2. CHOOSE THE RIGHT ONE
Maksud poin ke-2 ini adalah kalian harus milih barang-barang kalian mana yang bener-bener HARUS dibawa. Kalian ga boleh salah karena nantinya ala backpacker kalian akan gagal gitu aja sebelum berangkat. Maksud dari "the right one" disini itu, kalian milih barang yang PALING benar dan cocok dari hasil riset kalian. Misalnya, kalian ingin naik gunung ke gunung A, terus pas diteliti ternyata disana sedang sering hujan, jadi kalian ada baiknya membawa jas hujan dibandingkan payung. As you know, payung itu lebih berat dan tidak cocok untuk digunakan saat naik gunun karena dapat merepotkan kalian saat melewati jalanan yang tidak bagus. Dan disini juga dimaksudkan kalian untuk membawa barang secukupnya jangan berlebihan, kan mau backpacker-an :)

3. BRING ENOUGH MONEY
Poin ini termasuk poin yang penting untuk para calon backpacker. Karena kalian pastinya tidak ingin menghabiskan uang banyak hanya untuk backpacker. Kalian harus sebisa mungkin mengatur keuangan kalian dengan baik untuk selama ditujuan. Hal ini dapat dibantu oleh riset yang sebelumnya sudah dilakukan sehingga kalian tidak kekurangan ataupun kelebihan uang di tempat tujuan.

4. PLANNING THE ROUTES
Ada baiknya kalian merencanakan akan kemana saja saat traveling menggunakan backpacker akan memudahkan kalian untuk traveling dengan teratur. Sehingga hal ini akan menjauhi kalian dari keborosan, buang-buang waktu, dan hal negatif lainnya. Merencanakan rute ini dapat didukung oleh riset yang sebelumnya sudah dilakukan. Dari riset tersebut kalian akan menemukan tempat-tempat yang menarik yang kalian ingin datangi.

5. BE OPEN-MINDED
Nah poin ini menjelaskan bahwa kalian harus selalu berpikiran terbuka akan keadaan di tujuan. Karena pastinya keadaan tersebut akan berbeda dibandingkan dengan keadaan kalian di kota asal. Jadi kalian harus dapat menerima bagaimanapun baik maupun buruk keadaannya. Dan kalian tidak boleh putus asa ditengah jalan saat sedang melakukan perjalanan. Jika kalian mengalami kesulitan, kalian dapat bertanya dengan warga sekitar yang ada disana agar dapat ditolong. Berpikiran terbuka disini juga kalian harus menyiapkan mental untuk menerima resiko apapun yang terjadi. Seperti contoh jika kalian membeli tiket pesawat paling murah, mungkin kalian akan mendapat kerugian sedikit seperti menunggu pesawat datang dengan lama.

So guys, enjoy your traveling with backpacker, okay? Jangan takut untuk pergi berkeliling Indonesia dengan menggunakan backpacker. Enjoyed!

0 comments:

Post a Comment

 

INSTAGRAM (@dmstravel)

CONTACT US

PT Dirgantara Makmur Sejahtera Jl. Akses UI no 10, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat Phone: 021-29841965 Fax: 021-29479241 Email: dms_travel@indo.net.id